Harga Sparepart Terbaru
Sedang memuat....Cara Merawat Aki Basah dan Kering pada Mobil dan Motor dengan Mudah....

Cara Merawat Aki Basah dan Kering pada Mobil dan Motor dengan Mudah

Cara Merawat Aki Basah dan Kering pada Mobil dan Motor dengan Mudah

Cara Merawat Aki Basah dan Kering pada Mobil dan Motor dengan Mudah – Baterai atau yang biasa disebut aki merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan, baik mobil ataupun motor. Meski begitu tak sedikit dari anda yang sering meremehkan kegunaan dari Aki itu sendiri. Fungsi dari aki adalah pembangkit komponen – komponen mobil atau sepeda yang berhubungan dengan daya listrik. Apabila Aki mati maka komponan yang memerlukan daya listrik secara otomatis tidak akan bisa digunakan. Tak hanya pada kendaraan yang masih menggunakan pengapian yang manual, aki yang rusak akan mengakibatkan terganggunya sistem pengapian. Meskipun aki yang mati masih dapat digunakan untuk menyalakan kendaraan dengan cara langsung disalurkan dari sistem pengisian, akan tetapi hal tersebut jika dibiarkan terus menerus akan membuat kendaraan anda menjadi rusak. Pada kendaraan yang akinya mati maka sistem penerannganya seperti lampu, lampu sein dan lainnya akan tetap menyala namun lebih redup tak seperti jika aki yang dimilikinya normal. Oleh karena itu sangat penting untuk merawat aki agar kendaraan anda tidak mengalami kerusakan. Pada dasarnya merawat aki bukanlah hal yang sulit hanya memerlukan ketelatenan.

Cara Merawat Aki Kering

Seperti pada contohnya cara merawat aki basah yang jauh berbeda dengan cara merawat aki kering, anda tak perlu dipusingkan dengan beberapa langkah, cukup dengan melakukan pemeriksaan cairan atau larutan asam sulfat dalam keadaan yang telah ditentukan.

Cara Merawat Aki Motor

Seperti yang kita ketahui saat ini hampir semua kendaraan bermotor menggunakan sistem teknologi injeksi, dengan begitu peran aki menjadi sangat penting . Hal ini karena aki akan menyuplai arus listrik yang digunakan oleh pompa yang terdapat dalam tangki untuk memberikan suplai bahan bakar pada injeksi agar dapat berjalan dengan semestinya. Apabila Aki mengalami kerusakan maka injeksi motor akan mati dan akan menyulitkan anda untuk menyalakan sepeda motor. Oleh karena itu cara merawat aki motor harus lebih diperhatikan.

Sementara itu aki sendiri terdiri dari dua macam yakni aki basah dan aki kering atau yang biasa disebut dengan Maintenance Free Battery. Di dalam aki kering terdapat sebuah gel yang berfungsi mengganti cairan asam sulfat pada aki basah. Berbeda dengan aki basah yang memerlukan penggantian atau isi ulang air, aki kering tak membutuhkan hal tersebut karena gel yang terdapat pada aki kering tidak mudah menguap.Bahkan apabila gel tersebut menguap maka uap dari gel itu akan kembali pada aki kering. Sehingga tak heran jika cara merawat aki kering berbeda dengan cara merawat aki basah mobil.

Fungsi Aki Mobil

Pada kendaraan mobil aki juga memiliki peran yang sangat penting dimana akan berfungsi untuk menyalakan komponen mobil yang mengunakan daya listrik seperti contohnya audio video, lampu, siystem endingin AC, starter dan ada banyak lagi komponen yang membutuhkan daya listrik yang disuplai oleh aki. Dengan begitu cara merawat aki mobil menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui oleh para penggunanya. Pasalnya jika aki mengalami kerusakan maka akan memberikan akibat yang membuat pengguna mobil menjadi merasa tak nyaman.

Cara Merawat Aki Kering Mobil

Sebenarnya tak membutuhkan waktu yang lama dalam merawat aki pada mobil terutama aki kering. Hal ini karena cara merawat aki kering mobil karena aki kering memang tak membutuhkan perawatan yang khusus. Hanya saja anda perlu untuk memeriksanya secara rutin atau tiga hari sekali untuk memastikan bahwa aki kering masih dalam keadaan yang baik. Selain itu anda juga harus sering membersihkan aki kering anda agar tidak ada kotoran yang akan menghambat kerja dari aki itu sendiri. Kemudian untuk lebih baiknya ada dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan tegangan aki dengan batas normal 12 volt. Meski aki merupakan salah satu komponen yang penting tak sedikit dari pengendara yang justru meremehkan keberadaan aki dan tak merawatnya dengan baik, sehingga jika mengalami kerusakan maka pengendara baru akan merasakan kesulitannya.

Cara Merawat Aki Kering Motor

Hampir sama dengan cara merawat aki kering pada mobil, cara merawat aki kering motor juga tak jauh berbeda. Yakni hanya dengan rajin melakukan pemeriksaan pada aki yang dimiliki. Selain itu juga terdaat bebeberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan untuk menjaga agar aki kering pada motor tetap awet yakni seperti memanasi kendaraan sebelum anda gunakan tiap hari paling tidak selama 5 atau 10 menit. Hal ini dilakukan karena jika aki dibiarkan diam begitu saja selama berhari hari atau bahkan berminggu minggu akan menyebabkan aku menjadi lemah dan pengisian kurang stabil. Selain itu untuk menjaga performa aki agar tetap baik gunakan tombol electric starter untuk menyalakan sepeda motor pada setiap harinya.

Cara Merawat Aki Basah Motor

Berbeda dengan merawat aki kering yang lebih mudah dan lebih sederhana, cara merawat aki basah motor nampaknya akan lebih rumit. Pasalnya aki basah memerlukan lebih banyak perhatian dan perawatan yang rutin dilakukan secara berkala. Cairan elektrolit yang terdapat dalam aki basah harus diperiksa sewaktu waktu agar tidak tiba tiba kehabisan secara mendadak. Jika itu terjadi aki akan tekor dan menimbulkan permasalahan tersendiri. Jika Aki basah motor tekor maka akan ditandai dengan lampu yang tak menyala atau starter yang tak bisa dinyalakan sama sekali.

Cara merawat aki basah pada motor tersebut juga dapat diterapkan pada cara merawat aki basah mobil. Hal ini karena fungsi dan cara penggunaan keduanya hampir sama. Anda harus memastikan bahwa cairan yang terdapat dalam aki masih terisi dan tak kehabisan. Apabila air aki sudah mulai habis maka anda harus segera mengisi ulang air aki. Jika ingin memeriksa air aki maka perhatikanlah cairan yang terdapat dalam aki basah tdak boleh kurang dari batas bawang yang sudah ditentukan serta tak boleh lebih dari garis atas yang tertera dalam wadah sehingga anda harus memastikan bahwa cairan aki benar benar pasa tidak kurang dan tak lebih.

Banyak cara yang dilakukan untuk membuat aki pada mobil maupun motor menjadi awet dan tak sering ganti ganti. Bagi anda yang sering mengalami kerusakan aki pada mobil tentu saja sangat ingin mengetahui secara pasti cara merawat aki mobil biar awet. Perawatan yang rutin akan membuat aki mobil anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Anda juga dapat melakukan perawatan aki ke bengkel dan menyerahkannnya pada orang yang ahli pada bidangnya agar perawatan yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang maksimal.

Sementara itu tips untuk cara merawat aki kering biar awet adalah anda hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin. Karena perawatan aki kering lebih mudah jika dibandingkan dnegan merawat aki basah. Pakailah kendaraan anda dengan sewajarnya dan lakukan perawatan secara rutin agar aki dapat terus digunakan. Selain itu periksa seluruh komponen kendaraan secara berkala agar anda dapat mengendarai kendaraan anda dengan nyaman dan tak ada gangguan sama sekali.

Untuk mendapatkan aki yang awet dan tahan lama maka tentu saja anda harus memperhatikan cara merawat aki basah dan kering pada mobil dan motor dengan baik. Dengan melakukan perawatan aki secara rutin dan berkala maka anda akan terhindarkan dari masalah aki tekor. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi aki tekor baik itu karena tidak pernah dilakukan perawatan maupun penggunaan aki yang salah. Oleh karena itu perawatan rutin menjadi kunci utama aki anda awet dan tahan lama.

Cara Merawat Aki Basah dan Kering pada Mobil dan Motor dengan Mudah | admin | 4.5
/* */